Thursday, November 28, 2019

Ragam Makanan yang Terbuat dari Bahan Dasar Kacang Hijau

Kacang hijau kupas dapat diolah menjadi berbagai jenis makanan yang sehat dan bergizi untuk dikonsumsi. Berbagai vitamin, protein dan sumber mineral tersimpan dalam kacang hijau kupas. Berikut adalah makanan yang terbuat dari bahan dasar kacang hijau dari berbagai negara.


  • Mochi
Mochi merupakan salah satu kuliner yang berasal dari negara Jepang yang populer di berbagai negara lain, tidak luput di Indonesia. Mochi dibuat dari beras ketan yang ditumbuk hingga lembut dan lengket lalu dibentuk bulat-bulat. Kacang hijau kupas sering kali dijadikan isian untuk mochi. Selain Makanan ini biasanya dibuat pada saat perayaan tahun baru Jepang, tetapi jika kita mencari pada hari biasa kita tetap akan menemukannya di berbagai toko kue. Nama ‘Mochi’ ini berasal dari berbagai kata, salah satunya adalah kata kerja ‘Motsu’ yang berarti ‘untuk menahan atau memiliki’, yang bermaksud bahwa Mochi berupa pemberian dari para dewa.



  • Nokdu Bindaetteok
Nokdu Bindaetteok merupakan jajanan yang berasal dari Semenanjung Korea yang merupakan perbatasan antara Korea Selatan dan Korea Utara. Jajanan yang terdapat di dua negara tersebut juga dipersembahkan ketika tahun baru Korea. Biasanya pada perayaan tersebut, kaum muda akan memberi salam tahun baru dan sujud kepada orang yang lebih tua dan akan diberi angpau serta nasihat-nasihat. Setelah itu, mereka menyajikan berbagai makanan lezat dan salah satunya nokdu bindaetteok ini. Kue ini sejenis gorengan dari kacang hijau dan sayur-sayuran serta daging.

Kacang hijau yang menjadi bahan utama bindaetteok ini, dianggap sebagai kacang-kacangan berharga yang memiliki khasiat untuk menurunkan demam, membersihkan racun, serta memutihkan dan menghaluskan kulit. Dibandingkan dengan kacang-kacangan lain, kacang hijau ini juga sangat membantu pencernaan.



  • Split Mung Bean Dal
Kacang hijau kupas mudah dicerna, sehingga orang India gemar memilih menu ini untuk makan malam. Kacang hijau kupas direbus terlebih dahulu kemudian tambahkan rempah-rempah khas India keagar menambah cita rasa yang pas. Untuk mempercantik tampilan split mung bean dal tersebut, biasanya disajikan dengan nasi atau roti khas India supaya lebih nikmat.



  • Kue Ku
Jajan basah yang berasal dari China ini, dibuat dari beras ketan yang diisi kacang hijau kupas. Menurut tradisi Tionghoa, kue ini berbentuk seperti kura-kura yang melambangkan umur panjang dan kemakmuran. Kue Ku adalah kue yang terbuat dari tepung ketan yang diisi kacang hijau. Rasanya kenyal, sedikit lengket dengan manis kacang hijau kupas yang sangat lembut. Kue Ku hadir di hampir tiap perayaan orang Tionghoa. Orang mancanegara menyebut kue ini dengan sebutan Red Tortoise Cake.



kontak email facebook dan instagram kacang hijau kupas giok san brand Image Map