Thursday, November 28, 2019

Fakta Tentang Onde-Onde

Siapa sih yang tak tahu jajanan pasar Onde-Onde? Dulunya kudapan ini berasal dari China pada masa Dinasti Tang. Pada zaman tersebut, onde-onde lebih dikenal dengan nama “jian dui”. Kemudian makanan ini menyebar ke daerah selatan China seiring dengan orang China yang berlayar ke berbagai negara. Untuk penyebarannya di Indonesia sendiri, ketika masa kerajaan Majapahit, orang-orang China berjualan apapun yang berasal dari negara mereka termasuk jian dui ini. Orang Malaysia menyebut onde-onde sebagai “kuih bom”, sedangkan orang Filipina menyebutnya dengan “butsi.”

Terbuat dari tepung ketan yang permukaan kuenya ditaburi dengan biji wijen, kini onde-onde memiliki berbagai isi yang variatif seperti keju, cokelat dan masih banyak lainnya. Namun dari semua isi yang ada, kacang hijau kupas yang paling menjadi favorit atau sering disebut sebagai rasa original. Kandungan kacang hijau kupas sangat baik bagi tubuh karena mengandung protein, vitamin yang tinggi serta kandungan lemak tak jenuh. Jika kacang hijau kupas diolah dengan baik, isi dari onde-onde tersebut akan terasa lembut bahkan orang-orang salah menebak itu adalah keju. Kue ini sangat nikmat bila dimakan dalam keadaan hangat loh.

Onde-Onde di Indonesia pun sangatlah beragam. Beberapa jenis onde-onde yang terkenal di Indonesia adalah :

  • Onde-Onde Mojokerto
Keistimewaan dari onde-onde ini adalah memiliki isi kacang hijau kupas dan teksturnya empuk serta memiliki ketebalan yang sedang. Bahkan tak jarang mereka menggoreng di depan pembeli agar pembeli dapat melihat langsung proses pembuatannya.

  • Onde-Onde Betawi
Tidak jauh berbeda dari Onde-Onde Mojokerto, Onde-Onde Betawi juga berbahan utama kacang hijau kupas dan terbuat dari tepung terigu maupun tepung ketan. Namun banyak orang Jakarta yang membuat onde-onde dengan variasi berbagai warna seperti misalnya warna pink ataupun hijau.

Selain dari Indonesia, ada hal menarik tentang Onde-Onde di negara China. Hari Ibu disana biasa disebut sebagai Hari Onde-Onde loh. Pada saat Hari Ibu tersebut, warga China membuat onde-onde jenis gandum yang hanya terbuat dari tepung terigu dan permukaannya diberi warna. Masing-masing anggota keluarga mendapat sebutir onde-onde besar dan beberapa butir onde-onde kecil. Orang pertama di keluarga yang pantas mendapat pertama kali adalah Ibu karena beliau layak mendapat penghormatan atas segala pengorbanan yang telah diberikan pada anak-anak dan keluarga. #FunFact


kontak email facebook dan instagram kacang hijau kupas giok san brand Image Map