Thursday, November 28, 2019

Fakta Bakpia Kacang Hijau

Bakpia kacang hijau merupakan camilan yang menjadi favorit berbagai kalangan mulai dari orang tua hingga anak kecil. Camilan ini dapat dijumpai di berbagai pusat oleh-oleh saat kita sedang melakukan wisata ke berbagai kota. Menurut beberapa sumber sejarah, sebenarnya Bakpia berasal dari China loh!  Kata “bakpia” lebih terkenal dibanding kata “tou luk pia.” Bakpia berasal dari dialek hokkian yakni “bak” yang memiliki arti daging dan “pia” yang berarti kue. Seiring berkembangnya jaman, bakpia lebih terkenal sebagai makanan khas Yogyakarta, yang dipelopori oleh masyarakat keturunan China setempat.

Banyak orang beranggapan bahwa camilan yang tergolong oleh-oleh, sebagian besar merupakan junk food. Namun sepertinya hal ini tidak berlaku bagi bakpia kacang hijau karena, bakpia kacang hijau memiliki kandungan zat penting untuk tubuh, seperti serat, vitamin A, vitamin B1, B2 dan B6 hingga asam folat. Dengan kandungan yang menakjubkan, sebuah penelitian membuktikan bahwa 100 gram kue bakpia kacang hijau mengandung energi sebesar 272 kalori, protein 3,7 gram, karbohidrat 44,1 gram, lemak 6,7 gram, zat besi 4,5 miligram, fosfor 117 miligram, dan kalsium 194 miligram.

Seorang ahli kesehatan asal Pati, Lia Ningrum Purbosari mengungkapkan bahwa kandungan serat pada bakpia tersebut dapat mencegah penyakit jantung, selain itu juga bagus untuk kulit, dan dapat menurunkan kolesterol tubuh. Sementara mineral esensial yang ada dalam bakpia kacang hijau bisa mengontrol detak jantung dan darah.

Meski bakpia kacang hijau dikategorikan baik untuk kesehatan, Lia menyarankan agar bakpia kacang hijau tidak dimakan bagi orang yang memiliki riwayat batu pada saluran kemih. Mengapa demikian? Kacang hijau juga mengandung asam oksalat yang dapat mengkristal sebagai batu pada saluran kemih. Sehingga perlu diperhatikan sebelum mengkonsumsi bakpia kacang hijau.

Pada tahun 2010, di Monumen Serangan Umum 1 Maret, bakpia tercatat dalam rekor MURI sebagai bakpia terbesar dengan diameter 2,6 meter dan garis lingkar 8,25 meter, serta berbobot 2 ton. Wah, tak terbayang betapa besarnya bakpia itu ya! Ada yang mampu menghabiskan kue sebesar itu? #FunFact


kontak email facebook dan instagram kacang hijau kupas giok san brand Image Map