Thursday, November 28, 2019


http://www.gioksanbrand.com/p/resep.html
http://www.gioksanbrand.com/p/resep.html
kontak email facebook dan instagram kacang hijau kupas giok san brand Image Map

Ragam Makanan yang Terbuat dari Bahan Dasar Kacang Hijau

Kacang hijau kupas dapat diolah menjadi berbagai jenis makanan yang sehat dan bergizi untuk dikonsumsi. Berbagai vitamin, protein dan sumber mineral tersimpan dalam kacang hijau kupas. Berikut adalah makanan yang terbuat dari bahan dasar kacang hijau dari berbagai negara.


  • Mochi
Mochi merupakan salah satu kuliner yang berasal dari negara Jepang yang populer di berbagai negara lain, tidak luput di Indonesia. Mochi dibuat dari beras ketan yang ditumbuk hingga lembut dan lengket lalu dibentuk bulat-bulat. Kacang hijau kupas sering kali dijadikan isian untuk mochi. Selain Makanan ini biasanya dibuat pada saat perayaan tahun baru Jepang, tetapi jika kita mencari pada hari biasa kita tetap akan menemukannya di berbagai toko kue. Nama ‘Mochi’ ini berasal dari berbagai kata, salah satunya adalah kata kerja ‘Motsu’ yang berarti ‘untuk menahan atau memiliki’, yang bermaksud bahwa Mochi berupa pemberian dari para dewa.



  • Nokdu Bindaetteok
Nokdu Bindaetteok merupakan jajanan yang berasal dari Semenanjung Korea yang merupakan perbatasan antara Korea Selatan dan Korea Utara. Jajanan yang terdapat di dua negara tersebut juga dipersembahkan ketika tahun baru Korea. Biasanya pada perayaan tersebut, kaum muda akan memberi salam tahun baru dan sujud kepada orang yang lebih tua dan akan diberi angpau serta nasihat-nasihat. Setelah itu, mereka menyajikan berbagai makanan lezat dan salah satunya nokdu bindaetteok ini. Kue ini sejenis gorengan dari kacang hijau dan sayur-sayuran serta daging.

Kacang hijau yang menjadi bahan utama bindaetteok ini, dianggap sebagai kacang-kacangan berharga yang memiliki khasiat untuk menurunkan demam, membersihkan racun, serta memutihkan dan menghaluskan kulit. Dibandingkan dengan kacang-kacangan lain, kacang hijau ini juga sangat membantu pencernaan.



  • Split Mung Bean Dal
Kacang hijau kupas mudah dicerna, sehingga orang India gemar memilih menu ini untuk makan malam. Kacang hijau kupas direbus terlebih dahulu kemudian tambahkan rempah-rempah khas India keagar menambah cita rasa yang pas. Untuk mempercantik tampilan split mung bean dal tersebut, biasanya disajikan dengan nasi atau roti khas India supaya lebih nikmat.



  • Kue Ku
Jajan basah yang berasal dari China ini, dibuat dari beras ketan yang diisi kacang hijau kupas. Menurut tradisi Tionghoa, kue ini berbentuk seperti kura-kura yang melambangkan umur panjang dan kemakmuran. Kue Ku adalah kue yang terbuat dari tepung ketan yang diisi kacang hijau. Rasanya kenyal, sedikit lengket dengan manis kacang hijau kupas yang sangat lembut. Kue Ku hadir di hampir tiap perayaan orang Tionghoa. Orang mancanegara menyebut kue ini dengan sebutan Red Tortoise Cake.



kontak email facebook dan instagram kacang hijau kupas giok san brand Image Map

Fakta Bakpia Kacang Hijau

Bakpia kacang hijau merupakan camilan yang menjadi favorit berbagai kalangan mulai dari orang tua hingga anak kecil. Camilan ini dapat dijumpai di berbagai pusat oleh-oleh saat kita sedang melakukan wisata ke berbagai kota. Menurut beberapa sumber sejarah, sebenarnya Bakpia berasal dari China loh!  Kata “bakpia” lebih terkenal dibanding kata “tou luk pia.” Bakpia berasal dari dialek hokkian yakni “bak” yang memiliki arti daging dan “pia” yang berarti kue. Seiring berkembangnya jaman, bakpia lebih terkenal sebagai makanan khas Yogyakarta, yang dipelopori oleh masyarakat keturunan China setempat.

Banyak orang beranggapan bahwa camilan yang tergolong oleh-oleh, sebagian besar merupakan junk food. Namun sepertinya hal ini tidak berlaku bagi bakpia kacang hijau karena, bakpia kacang hijau memiliki kandungan zat penting untuk tubuh, seperti serat, vitamin A, vitamin B1, B2 dan B6 hingga asam folat. Dengan kandungan yang menakjubkan, sebuah penelitian membuktikan bahwa 100 gram kue bakpia kacang hijau mengandung energi sebesar 272 kalori, protein 3,7 gram, karbohidrat 44,1 gram, lemak 6,7 gram, zat besi 4,5 miligram, fosfor 117 miligram, dan kalsium 194 miligram.

Seorang ahli kesehatan asal Pati, Lia Ningrum Purbosari mengungkapkan bahwa kandungan serat pada bakpia tersebut dapat mencegah penyakit jantung, selain itu juga bagus untuk kulit, dan dapat menurunkan kolesterol tubuh. Sementara mineral esensial yang ada dalam bakpia kacang hijau bisa mengontrol detak jantung dan darah.

Meski bakpia kacang hijau dikategorikan baik untuk kesehatan, Lia menyarankan agar bakpia kacang hijau tidak dimakan bagi orang yang memiliki riwayat batu pada saluran kemih. Mengapa demikian? Kacang hijau juga mengandung asam oksalat yang dapat mengkristal sebagai batu pada saluran kemih. Sehingga perlu diperhatikan sebelum mengkonsumsi bakpia kacang hijau.

Pada tahun 2010, di Monumen Serangan Umum 1 Maret, bakpia tercatat dalam rekor MURI sebagai bakpia terbesar dengan diameter 2,6 meter dan garis lingkar 8,25 meter, serta berbobot 2 ton. Wah, tak terbayang betapa besarnya bakpia itu ya! Ada yang mampu menghabiskan kue sebesar itu? #FunFact


kontak email facebook dan instagram kacang hijau kupas giok san brand Image Map

Fakta Tentang Onde-Onde

Siapa sih yang tak tahu jajanan pasar Onde-Onde? Dulunya kudapan ini berasal dari China pada masa Dinasti Tang. Pada zaman tersebut, onde-onde lebih dikenal dengan nama “jian dui”. Kemudian makanan ini menyebar ke daerah selatan China seiring dengan orang China yang berlayar ke berbagai negara. Untuk penyebarannya di Indonesia sendiri, ketika masa kerajaan Majapahit, orang-orang China berjualan apapun yang berasal dari negara mereka termasuk jian dui ini. Orang Malaysia menyebut onde-onde sebagai “kuih bom”, sedangkan orang Filipina menyebutnya dengan “butsi.”

Terbuat dari tepung ketan yang permukaan kuenya ditaburi dengan biji wijen, kini onde-onde memiliki berbagai isi yang variatif seperti keju, cokelat dan masih banyak lainnya. Namun dari semua isi yang ada, kacang hijau kupas yang paling menjadi favorit atau sering disebut sebagai rasa original. Kandungan kacang hijau kupas sangat baik bagi tubuh karena mengandung protein, vitamin yang tinggi serta kandungan lemak tak jenuh. Jika kacang hijau kupas diolah dengan baik, isi dari onde-onde tersebut akan terasa lembut bahkan orang-orang salah menebak itu adalah keju. Kue ini sangat nikmat bila dimakan dalam keadaan hangat loh.

Onde-Onde di Indonesia pun sangatlah beragam. Beberapa jenis onde-onde yang terkenal di Indonesia adalah :

  • Onde-Onde Mojokerto
Keistimewaan dari onde-onde ini adalah memiliki isi kacang hijau kupas dan teksturnya empuk serta memiliki ketebalan yang sedang. Bahkan tak jarang mereka menggoreng di depan pembeli agar pembeli dapat melihat langsung proses pembuatannya.

  • Onde-Onde Betawi
Tidak jauh berbeda dari Onde-Onde Mojokerto, Onde-Onde Betawi juga berbahan utama kacang hijau kupas dan terbuat dari tepung terigu maupun tepung ketan. Namun banyak orang Jakarta yang membuat onde-onde dengan variasi berbagai warna seperti misalnya warna pink ataupun hijau.

Selain dari Indonesia, ada hal menarik tentang Onde-Onde di negara China. Hari Ibu disana biasa disebut sebagai Hari Onde-Onde loh. Pada saat Hari Ibu tersebut, warga China membuat onde-onde jenis gandum yang hanya terbuat dari tepung terigu dan permukaannya diberi warna. Masing-masing anggota keluarga mendapat sebutir onde-onde besar dan beberapa butir onde-onde kecil. Orang pertama di keluarga yang pantas mendapat pertama kali adalah Ibu karena beliau layak mendapat penghormatan atas segala pengorbanan yang telah diberikan pada anak-anak dan keluarga. #FunFact


kontak email facebook dan instagram kacang hijau kupas giok san brand Image Map